Pengalaman di SAMSAT STNK Jakarta Utara Gunung Sahari (3/5)

Seminggu kemudian kami (saya dan istri saya) kembali lagi ke SAMSAT untuk mengambil berkas yang dijanjikan akan selesai dalam 3 hari.

Saya benar-benar kehabisan kata-kata karena lagi-lagi kami diminta biaya-biaya yang tidak jelas!

Ketika sampai di lokasi, kami langsung menuju ke lokasi mutasi di lantai 2 untuk mengambil berkas mutasi dan bertemu lagi dengan bapak petugas yang minggu kemarin melayani kami, tapi untunglah kali ini kami tidak diminta lagi membayar apa2, karena sebelumnya kami telah membayar 175rb yang tidak ada kwitansinya itu. Selanjutnya kami diminta ke loket fiskal di lantai 3.

Di loket fiskal ini kami serahkan semua berkas yang diberikan di loket mutasi dan diminta menunggu sebentar. Setelah kira-kira 10 menit nama istri saya dipanggil, kami diberikan berkas Fiskal Antar Daerah dan kena PUNGLI LAGI 15rb rupiah! Selanjutnya kami diminta ke loket Arsip di lantai 1.

Di loket arsip kami menyerahkan berkas dari loket fiskal dan kami menunggu sekitar 5 menit. Arsip diberikan dan LAGI-LAGI KENA PUNGLI 10rb rupiah!

Lengkaplah sudah pengamalan kami di SAMSAT Jakarta Utara, kami ke 5 loket berbeda dan di kelima loket tersebut kami kena PUNGLI yang notabene adalah area otoritas kepolisian polda metro jaya!

Tetapi masih ada tanda tanya yang membuat saya dan istri saya bingung, kok di tiap loket dimintanya berbeda-beda ya? Setelah kami ingat-ingat kembali, akhirnya kami tahu perhitungan “BIAYA” yang harus dikeluarkan:

1. Di loket cek fisik ada 4 orang petugas, Anda harus membayar 20rb

2. Di loket computer khusus ada 1 orang petugas, Anda harus membayar 5rb

3. Di loket fiskal ada 3 orang petugas, Anda harus membayar 15rb

4. Di loket arsip ada 2 orang, Anda harus membayar 10rb

5. Yang kami kurang mengerti di loket mutasi kok diminta 175rb padahal cuma ada sekitar 5 orang petugas? Mungkin memang ada biaya resminya plus “jatah” buat pimpinannya dan “jatah” buat mereka masing-masingšŸ˜‰

Tunggu pengalaman saya selanjutnya tapi kali ini akan ke SAMSAT BSD Tangerang. Dari hasil googling ternyata banyak komentar positif. Semoga SAMSAT BSD bisa membuat saya bangga sebagai warga Tangerang. AMIN.

This entry was posted in Birokrasi and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Pengalaman di SAMSAT STNK Jakarta Utara Gunung Sahari (3/5)

  1. manusia says:

    samsat gunung sahari..petugasanya mata duitan.apa lgi tuh yg inisialnya AN’mf bung nt ngasih mkn anak istri duit haram .bukan jadi berkah tpi .bakal jadi bencana di kemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s