Pengalaman di SAMSAT STNK Ciputat Tangerang (4/5)

Setelah lewat hari Sabtu dan Minggu, Senin hari ini kami ke SAMSAT Tangerang yang tadinya kami kira di SAMSAT BSD karena itulah SAMSAT yang terdekat dari rumah kami.

Sesampainya di SAMSAT BSD dan mengisi formulir biru (sama dengan formulir biru sebelumnya tapi kali ini  diisi dengan  data pemilik  STNK yang baru), selanjutnya kami ke bagian cek fisik untuk (LAGI-LAGI) legalisasi tapi karena ternyata alamat kami masuk ke kecematan Ciputat maka kami harus ke SAMSAT Ciputat di jalan RE Martadinata no.10 Ciputat Pamulang.

Berangkatlah kami ke SAMSAT Ciputat sambil melihat-lihat peta terlebih dahulu karena belum pernah sama sekali ke daerah Ciputat Pamulang.

Di SAMSAT Ciputat kami langsung ke lantai 2 ke loket BBN I dan menyerahkan semua berkas dari SAMSAT Jakarta Utara dan kami diminta (seperti biasa) untuk legalisasi form cek fisik terlebih dahulu di lantai dasar di bagian belakang gedung.

Setelah menyerahkan form di loket cek fisik dan menunggu sekitar 5 menit, nama istri saya dipanggil dan LAGI-LAGI diminta biaya 10rb TANPA DIBERI KWITANSI alias PUNGLI!

Kami kembali lagi ke lantai 2 untuk menyerahkan form cek fisik tadi. Kami diberi tanda terima dan diminta untuk balik lagi 2 hari kemudian untuk mengambil STNK dan Plat Nomor baru, tetapi karena pas kena di hari raya jadi baru bisa 3 hari lagi. Dan LAGI-LAGI diminta biaya 70rb TANPA DIBERI KWITANSI alias PUNGLI! Padahal petugas tersebut tidak kerja apa, hanya menerima berkas dan memberi tanda terima!

Ternyata mau di Jakarta atau di Tangerang ternyata TIDAK BEBAS PUNGLI! karena masih di area POLDA METRO JAYA. Bagaimana nih Bu Atut??

Dari cerita ipar saya yang tinggal di Bandung, waktu mengurus mutasi kendaraan dari Jawa Tengah, semua transaksi yang dilakukan jelas biayanya dan diberi kwitansi dan malah dihimbau untuk tuntuk tidak memberikan tip sepeser pun. SALUT BUAT KAPOLDA JAWA BARAT!

Tunggu cerita saya selajutnya setelah mengambil  STNK dan plat nomor yang baru, apakah akan kena pungli lagi???

This entry was posted in Birokrasi and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Pengalaman di SAMSAT STNK Ciputat Tangerang (4/5)

  1. Ainun says:

    Saya mau bagi pengalaman, saya disuruh boz perpanjang pajak mobilnya di samzat ciputat, dgn semua persyaratan lengkap dan dilengkapi suratkuasa bermaterai, setelah sampai aku daftar ke lt 2 BBN lalu dipangi petugas ditanya punya siapa dan saya menjelaskan dari Boz aku,, dan disuruh bayar 20000 krn pemilik stnk tdk bisa hadir, lalu aku bertanya apa fungsi surat kuasa yg dibuat wajib pajak dan lagi2 tidak jelas jawaban petugas tsb intinya tetap bayar. Memang samzat ciputat paling banyak pungli,, harap bisa segera diatasi lama2 bisa bumerang dan wajib pajak malas byr Saya mau bagi pengalaman, saya disuruh boz perpanjang pajak mobilnya di samzat ciputat, dgn semua persyaratan lengkap dan dilengkapi suratkuasa bermaterai, setelah sampai aku daftar ke lt 2 BBN lalu dipangi petugas ditanya punya siapa dan saya menjelaskan dari Boz aku,, dan disuruh bayar 20000 krn pemilik stnk tdk bisa hadir, lalu aku bertanya apa fungsi surat kuasa yg dibuat wajib pajak dan lagi2 tidak jelas jawaban petugas tsb intinya tetap bayar. Memang samzat ciputat paling banyak pungli,, harap bisa segera diatasi lama2 bisa bumerang dan wajib pajak malas byr Saya mau bagi pengalaman, saya disuruh boz perpanjang pajak mobilnya di samzat ciputat, dgn semua persyaratan lengkap dan dilengkapi suratkuasa bermaterai, setelah sampai aku daftar ke lt 2 BBN lalu dipangi petugas ditanya punya siapa dan saya menjelaskan dari Boz aku,, dan disuruh bayar 20000 krn pemilik stnk tdk bisa hadir, lalu aku bertanya apa fungsi surat kuasa yg dibuat wajib pajak dan lagi2 tidak jelas jawaban petugas tsb intinya tetap bayar. Memang samzat ciputat paling banyak pungli,, harap bisa segera diatasi lama2 bisa bumerang dan wajib pajak malas byr Saya mau bagi pengalaman, saya disuruh boz perpanjang pajak mobilnya di samzat ciputat, dgn semua persyaratan lengkap dan dilengkapi suratkuasa bermaterai, setelah sampai aku daftar ke lt 2 BBN lalu dipangi petugas ditanya punya siapa dan saya menjelaskan dari Boz aku,, dan disuruh bayar 20000 krn pemilik stnk tdk bisa hadir, lalu aku bertanya apa fungsi surat kuasa yg dibuat wajib pajak dan lagi2 tidak jelas jawaban petugas tsb intinya tetap bayar. Memang samzat ciputat paling banyak pungli,, harap bisa segera diatasi lama2 bisa bumerang dan wajib pajak malas byr disana.

Leave a Reply

