Pengalaman di SAMSAT STNK Ciputat Tangerang (5/5)

Lewat 3 hari, kali ini saya sendirian ke SAMSAT Ciputat karena istri saya sedang mudik, sambil was-was juga jangan-jangan mesti pakai surat kuasa. Tapi buat jaga-jaga, saya membawa SIM C istri saya karena KTP dan SIM A-nya diperlukan untuk mudik.

Begitu sampai di tempat, saya langsung menuju ke lantai 2 kembali ke loket yang sama (loket BBN I) dan menyerahkan tanda terima yang diberikan 3 hari yang lalu. Setelah menunggu kira-kira 7 menit, nama istri saya disebut dan saya diberi kwitansi pembayaran PKB dan lain-lain dan diminta ke loket kasir. Kali ini tidak dipungli lagi karena 3 hari sebelumnya sudah dipungli 70rb😀

Sebeleum ke kasir, saya siapakan dulu uang pas buat jaga-jaga tidak dikasih kembalian.. hahaha. Tapi saya perhatikan ternyata dari semua yang bayar semuanya dikasih kembalian alias TIDAK DICATUT. SIP! Setelah tiba giliran, saya serahkan uang pembayaran sesuai dengan yang tertera di kwitansi dan diminta menunggu di loket sebelah alias loket penyerahan STNK.

Di loket ini kurang lebih saya menunggu 10 menit dan nama istri saya dipanggil tapi dengan sebutan Bapak hahaha. Saya ditanya apa sudah ada fotocopy form cek fisik dan kwitansi pembelian? Untung saya sudah fotocopy sebelumnya jadi tidak perlu lagi repot ke tempat fotocopy. Fotocopy ini diperlukan untuk pengurusan BPKB di Komdak. Dan kali ini BEBAS PUNGLI juga! SIP!

Selesai dari sini, saya turun ke lantai 1 untuk mengambil plat nomor yang baru. Setelah menyerahkan STNK dan menunggu agak lama, sekitar 20 menit, dan berharap-harap cemas apakah hari ini akan bebas pungli??? Saya dipanggil dan diserhkan plat batu sambil diminta cek ulang apalah sudah benar atau belum dan lega rasanya akhirnya selesai juga dan TIDAK ADA PUNGLI HARI INI!

Selanjutnya harus ke Komdak untuk mengurus BPKB baru. Yang saya baca di blog biaya resminya “hanya” 80rb, apakah benar demikian??? Tunggu tulisan saya selanjutnya😉

This entry was posted in Birokrasi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

