Ruhut dan Partai Demokrat

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa sih Partai Demokrat mau menerima seorang Ruhut Sitompul alias Bang Poltak ini? Apa sih kehebantan si abang satu ini? Setelah banyak komentar-komentarnya yang asal ngomong, kenapa sih Partai Demokrat (baca: SBY) tidak memecat saja si “raja minyak” ini?

Ruhut Sitompul yang lahir di Medan 57 tahun lalu ini yang bila berbicara sangat kental logat bataknya, sudah kita ketahui sering melontarkan kata-kata yang asal-asalan dan kalimat-kalimat yang asal bunyi yang kelihatannya tanpa dipikirkan terlebih dahulu yang tentunya secara sadar atau tidak membuat citra Partai Demokrat buruk di mata rakyat.

Contohnya di bulan Mei 2009 sewaktu acara diskusi “Mengungkap Strategi Tim Sukses Capres”, di acara tersebut hadir Ruhut Sitompul, Fuad Bawazier, dan Permadi, yang masing-masing mewakili tim sukses partainya. Di acara tersebut Ruhut sempat melontarkan kata-kata “Arab tidak pernah membantu Indonesia” yang tentunya hal ini menimbulkan kecaman dan reaksi keras dari masyarakat, khususnya kalangan keturunan Arab dan juga dari kalangan Islam.

Masih di tahun yang sama saat skandal kasus Bank Century “diributkan” di DPR, kita dapat melihat secara langsung di stasiun-stasiun TV bagaimana Ruhut melontarkan kata-kata yang kasar yang tidak patut dikeluarkan oleh seorang wakil rakyat yang katanya terhormat. Bahkan sampai ditayangkan berkali-kali oleh stasiun-stasiun TV lainnya.

Dan masih banyak  contoh-contoh lainnya seperti “Si Cina, Kwik Kian Gie”, “Yang tak setuju Soeharto jadi pahlawan cuma anak PKI”, “Ibu Ani capres (calon presiden) terkuat Partai Demokrat”. Dan yang paling gress adalah perang mulut Ruhut dan Mahfud MD. Gampangnya Anda bisa tanya Oom Google saja.

Balik lagi ke pertanyaan saya di awal? Kok Partai Demokrat tidak memecat beliau saja?

Saya teringat salah satu teman kerja saya dulu di bagian Marketing atau Sales atau istilahnya Account Executive. Teman saya itu pernah mempresentasikan tentang bagaimana membangun sebuah team penjualan (sales). Di dalam presentasinya itu, beliau membagi team sales-nya dalam 5 jenis karakter dimana karakter-karakter tersebut diwakilkan oleh 5 jenis anjing dengan karakter yang berbeda-beda pula.

Yang pertama adalah Pit Bull yang mewakili karakter agresif dan attack and go (serang dan pergi. Yang kedua adalah Poodle yang mewakili karakter elegant dan selalu mengutamakan penampilan. Yang ketiga adalah Golden Retriever yang mempunyai karakter loyal dan selalu ingin menyenangkan tuannya. Yang keempat adalah Chi Wawa yang mempunyai karakter selalu menyalak (berbicara). Dan yang kelima adalah Basset Hound yang memiliki tampang sedih yang membuat orang menjadi kasihan bila melihatnya.

Dari kelima karakter di atas mungkin Anda sudah bisa menebak atau punya pendapat masing-masing Ruhut Sitompul cocok dengan karakter yang mana. Secara pribadi dapat saya katakan bahwa Ruhut Sitompul adalah masuk ke dalam “jenis” Pit Bull.

Seperti acara diskusi “Mengungkap Strategi Tim Sukses Capres” tadi, pada saat partainya diserang dengan pernyataan bahwa Boediono adalah Neolib, Ruhut dengan “pintarnya” menyerang balik dengan kata-kata “Arab”. Atau misalnya pada saat panja skandal Bank Century di DPR, Ruhut (yang sengaja dikirim oleh Partai Demokrat) dengan “pintarnya” membuat “keributan” untuk mengacaukan konsentrasi para anggota panja lainnya. Atau melemparkan wacana Ibu Ani  sebagai capres terkuat 2014, yang menurut saya hanya memancing reaksi partai-partai lain dan hanyan membuat “kemeriahan” kecil sebelum 2014.

Jadi kesimpulan saya adalah memang tidak ada salahnya bila Partai Demokrat (baca: SBY) masih mau “memelihara” seseorang seperti Ruhut Sitompul ini yang mempunyat karakter agresif dan bila partainya diganggu maka beliau diperlukan untuk melakukan penyerangan.

Bagaimana? Apakah Anda setuju?

This entry was posted in Politik and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s